5 Kerugian Kelebihan Berat Badan

berat badan
Ada perbedaan besar antara menjadi sehat dan kelebihan berat badan. Tapi, sayangnya kebanyakan orang cenderung mengabaikan perbedaan ini ketika datang ke kebiasaan makan mereka sehari-hari. Hasilnya adalah bahwa sebelum Anda menyadarinya, timbangan Anda akan naik di sisi yang salah. Bagian terburuknya adalah bahwa Anda dapat menambah berat badan dengan mudah, tapi mengurangi berat badan adalah tugas yang cukup menakutkan. Begitu setumpuk massa ditambahkan pada tubuh, pastinya mempengaruhi penampilan Anda bukan? Namun, kelebihan berat badan bukan hanya masalah penampilan. Anda juga berakhir terkena berbagai risiko kesehatan karena berat tambahan di tubuh Anda.
Berikut adalah preview singkat dari 5 kerugian utama kelebihan berat badan:

Masalah koroner: Jantung dirancang untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Tapi, saat berat badan Anda bertambah, lemak yang berlebihan berakhir dengan disimpan dalam arteri Anda. Selama suatu periode waktu, deposit ini cenderung mengeras sehingga mengganggu pasokan darah di arteri. Hasilnya jantung Anda harus bekerja lebih keras sehingga rentan terhadap gangguan koroner.

Diabetes: Menjadi obesitas juga mempengaruhi kemampuan tubuh untuk menggunakan insulin dengan benar. Dalam istilah sederhana, orang kelebihan berat badan lebih mungkin untuk memiliki kadar glukosa tinggi dalam tubuhnya. Hal ini membuat mereka menderita diabetes. Seiring waktu, diabetes juga mempengaruhi organ-organ lain dari tubuh, memperburuk kondisi pasien.

Infertilitas: Untuk wanita, kecenderungan untuk menjadi gemuk juga mempengaruhi kesuburan mereka. Berat badan yang berlebihan cenderung mengganggu keseimbangan hormonal serta siklus menstruasi. Ada beberapa penelitian juga yang telah membuktikan fakta ini.

Tekanan darah tinggi: Jika Anda berpikir bahwa menambahkan beberapa kilogram setiap tahun tidak buruk bagi tubuh, Anda keliru. Selama bertahun-tahun, bertambahnya berkilo-kilo massa tubuh membuat Anda kegemukan. Karena obesitas ini, jantung Anda harus memompa darah lebih cepat. Mengingat situasi ini, Anda yang paling mungkin untuk menjadi mangsa penyakit tekanan darah tinggi.

Sleep Apnea: Orang gemuk sering merasa sulit untuk bernapas normal saat tidur. Ini adalah kondisi khas yang timbul dari akumulasi lemak yang berlebihan di sekitar leher yang mempersempit jalan napas. Dalam kasus ekstrim, ketidakmampuan untuk bernapas juga bisa membuat pasien tersedak dan menyebabkan kematian.

Solusi yang paling sederhana untuk menghindari masalah ini adalah makan dengan bijak, hidup sehat, dan berolahraga secara teratur!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar